اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Cara Disable Auto Update Windows 7

on 19 October 2012

Salah satu penyebab komputer lambat ketika anda sedang online adalah check dan download otomatis update system operasi tanpa memberi tahu pengguna komputer. Kasus ini sering dialami oleh pengguna Windows 7 dan Windows Vista. Itu disebabkan karena ketika windows baru saja diinstall maka secara default setting update akan berjalan otomatis. Jika ini dibiarkan maka computer akan jadi lambat karena penggunaan memori akan sangat tinggi terutama dalam proses download file patch windows. Jika itu juga mengganggu anda, pada artikel ini kita akan selesaikan masalahnya.

Cara Disable Auto Update Windows 7
Untuk mengatasi masalah seperti yang disebutkan diatar, silakan lakukan langkah-langkah berikut;

  1. Klik start dan pilih [Control Panel]
  2. Dalam area control panel silakan cari kategori [System and Security]
  3. Selanjutnya silakan cari dan klik pilihan [Windows Update]
  4. Langkah selanjutnya, dalam jendela windows update silakan klik pilihan [Change Setting] pada kolom sebelah kiri.
  5. Selanjutnya silakan pilih satu pilihan pada bagian Important Update (lihat penjelasannya dibawah)
  6. Setelah anda membuat pilihan, silakan klik [OK] dan proses selesai

Beberapa pilihan pada windows update;

  • Install updates automatically (recommended), ketika komputer barus saja diinstall maka option ini akan dipilih secara default. Pada option ini system operasi akan melakukan download dan menginstall file update windows yang secara otomatis dibelakang layar tanpa memberitahu anda terlebih dahulu. Ini hanya boleh anda pilih jika anda menggunaka internet dengan kecepatan sangat baik sehingga tidak mengganggu kerja anda.
  • Download updates but let me choose whether to install them. Pada option ini system operasi akan langsung mengambil file update dari microsoft tetapi sebelum menginstall file update tersebut, anda akan dikonfirmasi file mana yang akan diinstall.
  • Check for updates but let me choose whether to download and install them. Pada option ini system, windows akan mengkonfirmasi persetujuan dari anda terlebih dahulu sebelum mendownlaod file update dari microsoft. Jika anda memberi persetujuan maka proses download akan segera dimulai. Begitu juga setelah proses download selesai, system akan kembali melakukan konfirmasi apakah akan menginstall file update yang telah didownload atau tidak.
  • Never check for updates (not recommended). Pada pilihan ini anda meminta supaya system operasi tidak melakukan apa-apa mengenai update windows. Jika maksud anda datang kesini adalah seperti judul artikel di atas, maka inilah yang harus anda pilih pada lngkah 5 tutorial diatas.

Walaupun anda memilih non-aktif update, tetapi saran saya adalah system operasi anda harus tetap terupdate. Hal ini bisa anda lakukan ketika waktu anda sedang luang, lakukanlah update sekaligus dan setelah itu lalu non-aktifkan lagi.
Selamat mencoba!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: