اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Strategi SEO untuk Blog Baru

on 13 May 2013

Apakah blog baru perlu menerapkan SEO? Pertanyaan ini berkecamuk di benak banyak newbie blogger (blogger pemula). Saya sempat mengalaminya. Ketika itu saya betul-betul mengamini bahwa blog baru itu perlu di SEO kan. Jadi apa yang saya lakukan? Saya mengoptimasi blog saya habis-habisan dan itu membawa pada masalah baru.

Masalah itu adalah google sandbox. Sandbox adalah kondisi dimana website/blog kita tidak bisa ditemukan di google sebagai search engine paling wahid. Saya pernah menceritakan pengalaman berada di sandbox dan tips-tips untuk keluar dari sana, baca disini.

Berdasarkan pengalaman itu, sekarang saya berpendapat blog baru tetap perlu SEO tapi sewajarnya saja :D . Jangan kebablasan kaya saya dulu. Oke sekarang bagaimana strategi SEO yang wajar untuk blog baru?

Strategi SEO untuk Blog Baru

  • Ini yang paling penting: konten anda harus bagus!
  • Perhatikan juga kecepatan loading blog anda. Bisa baca artikel lengkapnya disini

Strategi SEO Tambahan:

  1. Pikirkan 1-2 kata kunci apa yang ingin anda optimasi dalam artikel itu, lalu optimasi secukupnya saja. Optimasi ini bisa dengan memberikan italic (huruf miring), bold (huruf tebal) atau underline (garis bawah). Ulangi secukupnya. Bisa juga dengan memberikan warna berbeda seperti merah atau biru.
  2. jika blog anda self hosting berbasis WordPress.org silahkan install plugin SEO. Yang paling bagus menurut saya adalah All in One SEO Pack. Tentu saja ini bisa diperdebatkan ya. Soalnya ada juga yang lebih suka pake YOAST atau Platinum. Dengan plugin ini anda bisa memasukkan meta tags, meta description, meta keyword secara otomatis.
  3. Gunakan ping services ( seperti pingler) luntuk mengundang search engine bot dan crawler datang ke blog anda. Gunakan secara bijak, jangan terlalu sering ntar dikira spam.
  4. Daftarkan blog anda di beberapa blog directory. Dimana aja sih? Baca disini. Ini juga gak perlu banyak-banyak deh
  5. Pilih theme yang ringan dan mendukung mobile web. Secara otomatis semua blog di WordPress.com akan dikonversi ke bentuk mobile kalo diakses via hape atau bb atau tab/ipad. Tapi yang self hosting kan belum tentu. Anda harus install sendiri themes yang mendukung mobile web agar tidak memberatkan loading blog anda bagi pengunjung yg datang dari platform mobile

Untuk sementara ini cukup. Lakukan untuk 5-10 artikel ke depan. Anda gak perlu ribet ngurusin analisa keyword seperti yang saya tulis di 3 artikel iniini dan ini. Itu belum perlu yah. Nanti aja. Kemudian link building juga belum perlu. Nanti aja. Sewajarnya saja. Nanti kalo blog anda sudah berjalan beberapa bulan, baru bisa kita pikirkan link buildingnya, paling tidak untuk internal link building aja dulu.

Strategi bertukar lini dengan narablog lainnya bagaimana? ya itu termasuk link building. Di masa lalu, ini penting banget. Dan inilah sepertinya yang menjerumuskan saya ke Google Sandbox karena saya melakukannya kebablasan!

Di masa ini ? Content is the king! Speed is the Queen! Jadi pentingkan saja lebih dulu isi / konten blog anda. Isi dengan artikel-artikel bermutu (jangan kopasan) dan perhatikan kecepatan loading blog anda. Itu saja yang paling penting!

 

sumber : http://irfanhandi.wordpress.com


Leave a Reply

